4 Manfaat Wedang Jahe

Manfaat wedang jahe – Wedang jahe adalah minuman tradisional yang dikenal secara luas, terutama di Indonesia. Manfaat wedang jahe untuk tubuh sangat beragam, terutama untuk meredakan nyeri dan menjaga sistem imun. Pembuatannya pun mirip dengan membuat teh, yakni hanya mencampurkan irisan jahe ke dalam air panas. Minuman ini aman bagi siapapun karena sifatnya yang alami.

Manfaat wedang jahe

Manfaat Wedang Jahe Untuk Kesehatan Pria dan Wanita

  • Mencegah Berbagai Penyakit

Jahe termasuk ke dalam tanaman herbal yang mengandung fitonutrien, sama seperti buah dan sayur. Secara umum, fitonutrien berperan dalam anti-inflamasi dan meningkatkan sistem imun. Tubuh juga akan terlindungi dari kerusakan DNA. Antioksidan bernama gingerol pada jahe juga berhubungan dengan mencegah terjadinya infeksi virus maupun peran bakteri jahat dalam tubuh. Belilah jahe merah yang kualitasnya bagus di tempat jual bibit jahe merah agar khasiatnya lebih terasa saat diolah menjadi wedang jahe.

  • Mengurangi Rasa Mual

Meminum wedang adalah langkah yang tepat bagi Anda yang mudal mual dalam perjalanan atau sedang sakit maag. Peran wedang jahe adalah mengosongkan perut dengan cepat. Bagi ibu hamil, wedang jahe juga sering dimanfaatkan jika terjadi mual atau muntah di pagi hari. Namun perlu diskusi khusus dengan dokter mengenai jenis jahe yang cocok dan takaran yang aman.

  • Mengurangi Nyeri Menstruasi

Sakit perut yang dialami wanita saat menstruasi adalah hal yang normal. Wedang jahe merah bisa menjadi solusi alami untuk mengurangi rasa sakitnya. Minumlah wedang di 3 hari pertama menstruasi karena kram perut biasanya terjadi pada hari tersebut. Rasa kram apat hilang secara perlahan karena sifat jahe yang anti inflamasi mirip dengan suplemen atau obat pereda nyeri.

  • Mencegah Nyeri Sendi

Nyeri sendiri atau yang biasa disebut dengan osteoartritis adalah masalah umum yang terjadi pada manula. Biasanya, nyeri yang dirasakan ada pada bagian tungkai kaki dan lutut. Rasa nyeri sendi bisa mereda dengan meminum wedang. Penggunaan obat ostreoartritis juga tetap bisa dilakukan karena wedang tidak menangkal peran obat untuk masalah ini.

Beberapa orang mungkin tak menyukai aroma dan rasanya yang cukup tajam. Jika Anda salah satunya, cobalah campurkan wedang dengan daun pandan atau tambahkan gula aren saat perebusan. Manfaat wedang jahe tidak akan berkurang dengan penambahan rempah lainnya. Minuman herbal ini juga aman untuk dikonsumsi segala usia setiap hari.

Mau tau juga gak seperti apa cara menanam jahe agar cepat panen yang saya dapat dari petani ahli? Ulasanya akan saya buat di artikel yang selanjutnya ya.