Alasan Anjing Garuk Lantai, Cari Tau Disini!

Pernahkah Anda melihat kebiasaan dari anjing garuk lantai? Serta kegiatan aneh lainnya, entah mereka menjilat, mengibaskan ekor, mengawinkan kakinya ke tubuh pemilik,garuk lantai, dan lainnya. Tindakan tak biasa itu menandakan mereka memberikan kode alam untuk pemiliknya. Supaya lebih memahami keadaan anjing saat itu. Dari sekian kebiasaan aneh ada satu yang menarik untuk dibahas, yakni kegiatan menggaruk lantai. Itu bukanlah sekedar bermain-main saja loh. Semua tipe anjing mulai dari yang garang sampai kelompok imut sekalipun melakukan hal itu. Karena sinyal yang mereka buat perlu untuk dimengerti manusia. Khususnya si pemilik yang selalu berinteraksi dengan anjingnya.

Contohnya saja tipe anjing golden dari berbagai ras. Seperti penjelasan di sebuah laman minigoldendoodles.org. Kebiasaan menggaruk lantai itu ada dua sebab. Jadi jangan sampai dianggap sebelah mata. Seperti apakah penyebabnya simak uraian setelah ini.

  1. Membersihkan Sisa Kotoran

Anjing memiliki kebiasaan unik untuk memberi tanda pada area teritorialnya. Meskipun itu lokasi tempat dia selesai buang air kecil atau besar. Kegiatan tersebut wajar dilakukan. Khususnya saat Anda mengajaknya keluar rumah. Karena wilayah itu termasuk asing baginya. Atau dia menandai areanya karena mencium bau kotoran anjing lain.

  1. Sebagai Tanda Karena Rasa Gelisah

Anjing jantan atau betina yang menggaruk lantai ternyata kondisi psikologisnya ada suatu gangguan. Mereka merasakan kegelisahan atau ketidak nyamanan. Perasaan itu muncul bukan karena stress. Tetapi lebih kepada adanya ancaman dari makhluk lain yang bisa membahayakan mereka. Anjing jenis lainnya juga merupakan ancaman baginya jika dia mencium bekas mereka di tempat tersebut.

Anjing memang hewan yang pintar. Kegiatan tidak biasa dapat membawa pemiliknya lebih hati-hati. Sang pemilik akan mampu membuat anjing peliharaannya selalu dalam kondisi aman dan nyaman. Kalau dua hal tersebut selalu dipenuhi. Apapun keinginan Anda terhadap anjing yang dimiliki tidak mengalami kesulitan. Maklum saja meskipun karakternya lucu, ramah dan garang sekalipun. Ketika mereka diperhatikan sepenuh hati. Sifat garang bisa melunak saat  berhadapan dengan pemilik dan orang sekitarnya. Jika karakternya ramah dan menggemaskan. Anjing akan semakin jinak tidak henti-hentinya bersahabat dengan siapa saja.