Apabila Anak Ketahuan Merokok Bagian 2

? Masih kurangnya program edukasi mengenai bahaya merokok. Seharusnya, rumah, sekolah, dan lembaga-lembaga terkait, bersinergi melakukan edukasi bahaya merokok pada kesehatan.

? Masih banyak orangtua yang tidak peduli terhadap kesehatan keluarganya dan cuek merokok di depan anak yang jelas-jelas dapat terkena dampaknya.

? Materi iklan rokok yang sangat mudah untuk disaksikan oleh anakanak. Sebuah penelitian menyebutkan, sekali anak melihat iklan rokok, terutama yang di televisi, keinginan mencobanya akan meningkat berkali lipat.

? Peer pressure, jika ada satu teman anak yang merokok, maka ia akan memengaruhi/ mengajak temannya yang lain untuk merokok.

? Pemerintah masih kurang maksimal melindungi anak-anak dari bahaya rokok. Peraturan perundangundangan perlu lebih ketat terhadap peredaran dan pemakaian rokok. Atau, pertegas sanksi akan peraturan yang sudah ada.

CIPTAKAN PERSEPSI NEGATIF

Lalu bagaimana agar buah hati tidak ikut-ikutan (mencoba) merokok?

? Jika Anda seorang perokok, jangan merokok di depan anak. Ingat, apa yang dilakukan orangtua menjadi contoh untuk anak. Dalam persepsi anak, “orangtua saja merokok, saya juga boleh dong, merokok”.

? Jangan libatkan anak sebagai “perokok”. Merokok di depan anak saja harus dihindari apalagi memintanya untuk mengambilkan, membelikan, membuangkan sisa rokok. Sebab hal ini akan membuat anak semakin berpersepsi bahwa merokok itu adalah hal wajar.

? Jelaskan kepada anak bahwa merokok itu dapat membahayakan kesehatan. Sebutkan penyakit-penyakit akibat merokok atau kasuskasus mengenaskan akibat rokok yang pernah kita baca. Akan sangat baik bila disertai dengan gambar, bukan yang menyeramkan, tapi poster tentang ajakan menghindari rokok.

BAGAIMANA JIKA SUDAH TELANJUR?

– Luruskan persepsi anak tentang rokok. Tayangan iklan rokok yang menggambarkan merokok itu keren, hebat, gagah, lelaki sejati, perlu dipatahkan Yang sebenarnya, merokok dapat mengganggu kesehatan. Minta ia meninggalkan rokok.

– Kembangkan komunikasi yang intens. Tanyakan apa yang membuat anak tertarik merokok. Jadilah pendengar yang sabar, jelaskan setiap pendapatnya yang keliru sehingga ia bisa memperbaiki perilakunya. Orangtua harus menjadi narasumber yang tepat bagi anak tentang hal-hal yang berkaitan dengan rokok.

Simak juga website tips mendidik anak dan parenting karena disana dibahas berbagai cara menjadi orangtua yang baik dan benar serta tips mendidik anak agar menjadi anak yang baik.