Game Engine Tanpa Coding Terbaik dan Gratis

Game Engine Tanpa Coding Terbaik dan Gratis – KEBANYAKAN ORANG menganggap bahwa membuat gim sangat sulit lantaran dibutuhkan pengetahuan dan keahlian seputar pemrograman. Nyatanya, anggapan itu kini bisa ditepis setelah banyaknya pernagkat lunak game engine yang sanggup mewujudkan gim sesuai impian Anda.

Lantas, apa itu game engine? Game engine merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk membantu siapa pun untuk menciptakan dan mengembangkan sebuah gim. Fungsi utama game engine sendiri adalah untuk menggabungkan berbagai komponen seperti gambar, animasi, suara, kecerdasan buatan, dan komponen lainnya agar terbentuk menjadi sebuah gim yang sesuai keinginan.

Lebih lanjut, bagi yang ingin mulai mencoba membuat gim tanpa repot berurusan dengan kode-kode program, berikut ini enam rekomendasi game engine yang bisa Anda coba.

Game Salad
Diluncurkan pada 2010, GameSalad merupakan salah satu perangkat lunak yang memungkinkan siapa saja untuk dapat membuat gim 2D dengan mudah. Populer di kalangan pendidik di bidang ilmu komputer, GameSalad biasanya digunakan untuk memperkenalkan konsep pemrograman dasar, desain gim, dan kreasi media digital kepada siswa. Tidak hanya di kalangan pendidik, GameSalad digunakan oleh lebih dari satu juta pengembang gim di dunia dan telah menciptakan lebih dari 75 gim ponsel yang pernah masuk dalam daftar 100 gim teratas di Apple App Store, di antaranya ada Mazes of Karradash dan Get_Fiquette.

Gamemaker Studio 2
Bernaung di bawah perusahaan YoYo Games, Gamemaker Studio dirancang agar setiap penggunanya dapat membuat gim secara praktis dengan menggunakan tools yang ada di dalam perangkat lunak ini. Saat ini, Gamemaker Studio sudah dikembangkan hingga versi kedua dengan kemampuan lebih baik dari versi sebelumnya. Untuk output-nya, gim yang telah dibuat di Gamemaker Studio 2 mampu berjalan di berbagai platform seperti Android, iOS, HTML5, dan lainnya. Berdasarkan informasi perusahaan, perangkat lunak ini telah diunduh sebanyak 10 juta kali sejak 2012 dan telah menghasilkan berbagai gim populer antara lain Undertale, Hyper Light Drifter, Crashlands, dan lain-lain.

Construct 3
Sesuai namanya, Construct 3 merupakan versi ketiga alias engine game terbaru keluaran Scirra. Heatnya lago, di versi terbaru Construct ini setiap pengguna dapat menggunakan Construct 3 tidak hanya di PC saja, tetapi juga bisa di tablet atau smartphone. Tidak hanya itu, pengguna juga tidak perlu repot memasang perangkat lunak lantaran Construct 3 mampu berjalan di peramban. Gim yang dapat dibuat di Construct 3 juga bervariasi mulai dari RPG, puzzle, balap, hingga arcade. Perusahaan mengklaim, Construct 3 digunakan oleh lebih dari 50.000 pengguna di seluruh dunia setiap bulannya. Bahkan, perusahaan gim kenamaan seperti Sega, King, dan Zynga game pc online terbaik merupakan beberapa deretan pelanggan mereka.

Stencyl
Dibandingkan dengan perangkat lunak lainnya yang disebut, mungkin Stencyl memiliki tampilan antarmuka yang lebih sederhana dan kurang menarik. Meski demikian, Stencyl bisa menjadi pilihan bagi siapa pun yang ingin membuat gim 2D untuk perangkat komputer, ponsel, atau HTML5. Stencyl cenderung banyak digunakan untuk membangun gim sederhana seperti puzzle. Beberapa gim populer yang dibangun dengan Stencyl adalah Space Pirate, Impossible Pixel, dan Zuki’s Quest. Untuk memudahkan penggunanya, Stencyl juga menyediakan tutorial yang akan mengajarkan berbagai hal yang perlu diketahui pengguna ketika membuat gim. Menariknya lagi, semua yang ditawarkan oleh Stencyl adalah gratis.

Unreal Engine 4
Sejak 1998, Unreal Engine telah banyak membantu merancang dunia gim modern. Unreal Engine 4 merupakan game engine terakhir yang dirilis sejak 2012 lalu. Sebanyak lebih dari 150 gim telah dihasilkan oleh Unreal Engine antara lain In? nity Blade, Mass E? ect, Gears of War, Daylight, Tekken 7, Injustice 2, Borderlands, dan masih banyak lagi. Memiliki ? tur yang sangat lengkap, Unreal Engine 4 memungkinkan pengguna untuk membuat gim AR atau VR berkualitas yang kini tengah populer di kalangan gamer. Uniknya, selain digunakan di bidang gim, Unreal Engine 4 juga bisa digunakan di bidang lain seperti simulasi kedokteran dan pengembangan film.