Inilah Berbagai Penyebab Sariawan yang Muncul di Lidah

Sariawan memang merupakan penyakit yang sangat mengganggu. Gangguan yang menyerang organ mulut ini kerap membuat makan menjadi tidak lezat dan berbicara menjadi tidak enak. Rasa perih yang muncul ketika bersentuhan dengan makanan adalah salah satu yang menyebabkan penyakit ini sangat mengganggu. Ada beberapa penyebab sariawan yang mengakibatkan munculnya penyakit ini.

Beberapa Penyebab Sariawan di Lidah

1. Tergigit

Lidah yang tergigit bisa menjadi salah satu penyebab munculnya sariawan di lidah. Mungkin karena terlalu asyik berbicara atau mengunyah, lidah akan secara tidak sengaja tergigit. Hal ini menyebabkan lidah menjadi terluka dan timbul sariawan. Selain karena tergigit, terkena benturan keras di daerah mulut juga bisa menyebabkan sariawan.

2. Mengonsumsi makanan asam dan pedas

Jika Anda sering mengonsumsi makanan asam atau pedas, sebaiknya tidak terlalu sering. Hal ini karena makanan tersebut juga berpotensi untuk menyebabkan sariawan. Makanan yang terlalu asam atau terlalu pedas akan menimbulkan iritasi pada lidah sehingga bisa memicu sariawan. Selain dapat menyebabkan sariawan, makanan pedas dan asam juga tidak baik bagi penderita asam lambung.

3. Kawat gigi

Pemasangan kawat gigi atau behel memang diciptakan untuk membantu seseorang merapikan gigi. Namun, di sisi lain, teknologi ini juga bisa menyebabkan sariawan. Pemasangan kawat gigi yang tidak rapi dan tidak presisi akan berpotensi melukai rongga mulut dan lidah. Gesekan yang terjadi bisa menimbulkan luka.

4. Alergi terhadap makanan

Mungkin Anda selama ini memiliki alergi terhadap makanan tertentu. Jika demikian, maka bisa jadi sariawan yang Anda alami terjadi karena alergi tersebut. Ada beberapa reaksi ketika tubuh alergi terhadap sesuatu, seperti gatal-gatal, pusing, dan salah satunya adalah sariawan. Oleh karena itu, perhatikan baik-baik makanan yang hendak Anda makan.

5. Mulut kering

Jangan terlalu lama membiarkan mulut dalam keadaan kering. Selain dapat membuat bau napas menjadi tidak sedap, rupanya membiarkan mulut kering bisa menyebabkan sariawan. Mulut harus

selalu dalam keadaan lembab. Ketika kering, kuman dan bakteri akan berkembang lebih cepat dan bisa menyebabkan sariawan serta penyakit mulut lainnya.

6. Kurang vitamin

Kurang asupan vitamin juga bisa menyebabkan sariawan. Tubuh memiliki kebutuhan vitamin setiap hari yang harus dipenuhi. Jika tidak tercukupi, maka akan terjadi ketidakseimbangan dalam sistem imun tubuh. Hal ini dapat memicu berbagai macam penyakit, salah satunya adalah sariawan. Jadi, pastikan Anda selalu memenuhi kebutuhan vitamin setiap hari.

Itulah beberapa penyebab sariawan yang wajib Anda ketahui. Penyakit ini memang tergolong penyakit kecil. Akan tetapi, jika dibiarkan terus menerus bisa jadi akan terjadi peradangan yang sangat berbahaya. Oleh karena itu, kesehatan mulut harus tetap dijaga agar bisa terhindar dari berbagai penyakit seperti sariawan.