Perhatikan Tips Membeli Mobil Bekas dibawah ini..

Tips Membeli Mobil Bekas, Ini yang Harus Diperhatikan

Penjualan mobil bekas tidak jarang kali meningkat menjelang hari raya sebab sebagian masyarakat hendak menggunakan kendaraan individu untuk kembali kampung.

Kami mengumpulkan sejumlah pertanyaan dari pembaca tentang tips melakukan pembelian mobil bekas. Berikut jawaban dari Suparman, Kepala Bengkel Auto 2000 Yos Sudarso.

1. Bagaimana kriteria mesin mobil bekas yang baik?

a. Periksa pencapaian kilometer pada meter dashboard lantas lihat pun tahun dan bulan pembelian mobilnya, lantas asumsi rata rata bila tinggal di Jabotabek masing-masing hari mobil berlangsung (100 kilometer) langsung dapat menaksir yang tercantum di meternya masih pribumi atau telah diubah.

b.Kalau mendapat informasi rajin service di bengkel resmi justeru lebih gampang mendapat data KM terakhirnya.

c.Kalau terdapat gantungan penggantian oli mesin jajaki perksa KM terakhir penggantian oli mesinnya.

d.Baru saya dan anda bisa memeriksa unsur bagian mesinnya yakni : – Periksa ruang mesinnya unsur atas dan bawah dalam situasi bersih atau tidak sedikit debu & kebocoran oli; – Periksa jumlah oli mesin dan kwalitas oli mesinnya dengan menikmati kelengketan dan baunya; – Kemudian mesinnya di hidupkan dengarkan ketika hidup kesatu apakah terdapat suara suara yang Abnormal (Idling); – Naikkan rpm hingga 3.000 lantas dengarkan pulang apakah terdapat suara yang Abnormal; – Gas mesin dengan mendarat tiba hingga 5.000 rpm sesaat dan lepas pulang ke posisi Idle cek pada gas buang knalpot apakah terdapat warna putih atau bersih gas buangnya , dengarkan pun bunyi pada mesinnya. Kalau gas buang berwarna putih dan terdapat bunyi Abnormal pada mesin indikasi telah terjadi keausan atau kebocoran oli mesinnya (mesin tidak cukup baik kondisinya).

e.Coba test jalan dan rasakan apakah mesin terdapat bunyi bunyi yang abnormal (ngelitik) berarti ruang bakarnya telah kotor tidak sedikit kerak butuh tambahan ongkos perawatan mesin .

Tenaga mesin terasa berat. Saat test jalan ini juga dapat di rasakan masuk gigi perpindahannya gampang atau susah masuk ( 1,2,3,4-5 / R ) Manual atau Matic.

Bila urusan hal diatas tidak di temukan bisa jadi besar situasi mesin masih baik.

2. Apa ciri-ciri mesin mobil yang pernah terendam banjir? Kalau guna mesin secara Visual dari luarnya dapat dilihat apakah terdapat bekas karat karat lumpur.

Pada unsur selah-selah yang susah dimurnikan di mesinnya (butuh ketrampilan kusus) lagipula mesin sudahdi kerjakan perawatan salon dan seringkali penjual tidak mengijinkan untuk dimulai buka unsur mesinnya. Yang mudah di telusuri malah di unsur dalam mobil dengan menikmati baunya.

3. Tabrakan laksana apa yang memprovokasi kualitas mesin? Paling utama ialah apabila terjadi tabrakan dan benturan pada unsur mesinnya, dapat dari bawah dan unsur depan.

a. Bagian bawah seringkali terjadi ketika nubruk trotoar pembatas jalan atau beton bus way mesinnya dapat pecah

b. Bagian depan jenis tabrakan yang lumayan keras sampai bisa menggeser posisi mesinnya ke arah belakang sampai-sampai mesin inilah transmisinya ke dorong ke belakang hingga pecah karet mountingnya .

4. Saat mengerjakan test drive mobil bekas, apa saja yang mesti diperhatikan? a. Jangan mengobarkan audio ( tape , cd , mp3 ) dll ketika test drive , sebab kita bakal merasakan situasi mobil.

b. Rasakan ketika mulai jalan dari 0 – 50 km/jam apakah ada urusan hal atau suara suara yang tidak normal.

c. Rasakan ketika kecepatan 50 – 120 km / jam seringkali akan tersiar suara ( ban , bearing roda , gardan , transmisi ) bilamana kondisinya tidak cukup bagus bakal timbul bunyi.

d. Saat kecepatan 120 km/jam di Tol rasakan pun apakah mobil dalam situasi limbung atau membuai ayun dengan keras , bila terasa maka tambahan ongkos perbaikan Shock Absorber atau ban.

e. Pilih situasi jalan yang berfariasi antara aspal,beton, con block dan jalan yang berlubang seraya dengarkan apakah terdapat bunyi bunyi pada unsur bawahnya guna meyakinkan unsur kaki kakinya dalam situasi baik.

5. Bagaimana teknik membedakan komponen mesin pribumi dan palsu? Kalau part telah terpasang agak susah membedakan untuk orang awam sebab sudah semakin maju teknik menirunya yang membedakan seringkali Harga dan life time saat dipakai umurnya pendek. Yang bisa di pastikan beli Part yang original di dealer sah Auto2000 Toyota ada jaminan ke asliannya .

6. Apa saja yang mesti dilaksanakan konsumen setelah melakukan pembelian mobil bekas? Sebaiknya sebelum melakukan pembelian mobil bekas, tanyakan apakah terdapat riwayat servicenya? dimana bakal lebih mudah bila mobil bekas yang di beli rajin di rawat di bengkel resmi.

Seperti di Auto2000 contohnya, kendaraan Toyota yang diservis di Auto2000 tentu tercatat riwayat servisnya.

Sistemnya pun telah online, maksudnya online ialah semua cabang dan bengkelnya (dari cabang satu ke cabang lain) sistem dan datanya telah terintegrasi dan terhubung.

Nah bila tidak terdapat riwayat servis, pelanggan dapat mulai dengan pendaftaran service yang baru.

Untuk kendaraan Toyota, kamu dapat datang ke Auto2000 untuk mengerjakan perbaikan rutin KM yang terdekat dengan mengubah oli komplit (Mesin, Transmisi, Garda) dari sini pelanggan mulai menulis riwayat service kendaraan yang bakal di pakai harian. Jadi gampang untuk di ingat bakal service berikutnya kapan waktunya.

Jika kamu memiliki daftar servis, kamu mempunyai nilai lebih ketika mau memasarkan kembali kendaraan anda. Harga pun dapat lebih baik.

9. Saran dan tips lainnya untuk melakukan pembelian mobil bekas? a. Pastikan surat surat BPKB & STNK Asli cocok antara nomer mesin dan chasisnya;

b. Cari mobil bekas yang jelas asal usul history perbaikannya;

c. Cari mobil bekas yang mulus atau pribumi body nya tidak bekas tubrukan,kebanjiran,atau karatan karena ongkos perbaikan body lebih mahal di bandingkan dengan komponen mobil lainnya;

d. Cari lokasi jual beli mobil bekas yang terpercaya (Autotrust atau mobil 88) ini punya dealer resmi;

e. Cari referensi teman,saudara yang sumbernya jelas;

f. selamat berburu mobil bekas dengan kualitas terbaik.

Sumber : https://www.decisionsonevidence.com/seva-mobil-bekas/