PROSPEK KERJA JURUSAN PARIWISATA

PROSPEK KERJA JURUSAN PARIWISATA

Pariwisata Indonesia mengalami perkembangan yang pesat dari waktu ke waktu. Berbagai industri bekerja sama untuk memajukan industri pariwisata. Jika Anda masih bingung menentukan ingin memilih jurusan apa untuk kuliah nanti, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengambil jurusan pariwisata. Ada banyak prospek kerja yang menanti setelah Anda lulus kuliah. Apa saja? www.sekolahan.co.id Yuk, disimak.

1. Journey Blogger/Vlogger
Salah satu prospek kerja jurusan pariwisata yang dapat Anda ambil setelah tamat kuliah adalah journey blogger/vlogger. Anda dapat menggabungkan ilmu kepariwisataan yang dimiliki dengan hobi jalan-jalan. Anda bahkan dapat mulai merintis karier sebagai journey blogger atau journey vlogger tanpa harus menunggu selesai kuliah. Mulailah dari sekarang dengan menulis mengenai tempat-tempat wisata yang pernah Anda kunjungi ke dalam weblog atau membuat video perjalanan dan memublikasikannya di YouTube.

Ingat, untuk mendapatkan audiens yang banyak dan loyal, karier yang satu ini membutuhkan waktu, ketekunan, dan kesabaran.

2. Pengelola Kawasan Wisata
Pengelola kawasan wisata merupakan prospek kerja lain yang dapat Anda lakukan setelah menyelesaikan kuliah dari jurusan pariwisata. Atau kalau Anda memiliki modal yang bisa besar dan manajemen yang bagus, dirikanlah sebuah tempat wisata baru yang unik dan belum ada di kota Anda. Jangan lupa cari tahu soal perizinan untuk mendirikan tempat wisata ke pemerintah daerah setempat.

3. Konsultan Pariwisata
Salah satu prospek kerja jurusan pariwisata yang bermasa depan cerah adalah menjadi konsultan pariwisata. Dengan menjadi konsultan pariwisata, Anda dapat memberikan saran, menawarkan jasa, serta membantu menyelesaikan permasalahan terkait masalah pariwisata. Anda dapat menawarkan jasa konsultan pariwisata ini secara on-line.

4. Pemandu Wisata
Ilmu kepariwisataan yang Anda dapatkan saat kuliah sangatlah berguna jika ingin menjadi pemandu wisata. Untuk menjadi pemandu wisata, Anda pula dituntut untuk memiliki kemampuan berkomunikasi serta menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris agar dapat berkomunikasi dengan wisatawan asing.

Kesempatan kerjanya pun beragam. Pemandu wisawa dapat bekerja di berbagai tempat, seperti memandu perjalanan di museum, science heart, dan berbagai tempat wisata milik pemerintah. Anda tinggal memutuskan apakah ingin berprofesi sebagai pemandu wisata yang bekerja dengan pemerintah atau pemandu wisata lepas yang bekerja di berbagai tempat wisata secara mandiri.

5. Pekerja di Industri Hospitaliti
Semakin berkembangnya sektor pariwisata di Indonesia semakin meningkat pula industri hospitaliti. Salah satu keuntungan kuliah di bidang ilmu kepariwisataan adalah Anda dapat menjadi bagian dari industri hospitaliti.

Setelah tamat kuliah, ada berbagai prospek kerja jurusan pariwisata yang menanti. Anda memiliki kesempatan untuk bekerja sesuai dengan spesialisasi yang diambil, seperti pelaku bisnis perhotelan, pemilik occasion organizer, karyawan di pusat rekreasi, atau pun karyawan yang berhubungan dengan layanan makanan dan minuman, spa, penginapan, tempat konferensi, dan lain-lain

6. Pemilik Biro Perjalanan Wisata
Dengan berkembangnya sektor pariwisata, makin banyak biro perjalanan membuka dan menawarkan berbagai fasilitas layanan pariwisata.
Salah satu prospek kerja jurusan pariwisata adalah dengan menjadi pemilik biro perjalanan wisata. Anda dapat memulai karier dengan bekerja di biro perjalanan wisata untuk mencari pengalaman. Setelah memahami seluk beluk tentang administrasi biro perjalanan wisata, Anda dapat membuka sendiri biro perjalanan wisata.

Buatlah paket tur yang bagus, dan profesional agar dapat menarik para wisatawan agar memakai jasa biro perjalanan Anda. Anda pula dapat bekerja sama dengan berbagai agen tiket dari berbagai maskapai penerbangan baik secara on-line maupun offline. Sumber : www.pelajaran.co.id/

Nah, itulah 6 prospek kerja jurusan pariwisata. Sebenarnya masih ada banyak macam pekerjaan yang dapat Anda lakukan setelah tamat dari jurusan pariwisata karena industri pariwisata selalu mengalami perubahan dan perkembangan sesuai zaman serta memiliki peluang kerja terluas di Indonesia.