Tempat Wisata di Palembang yang Harus Dikunjungi

Palembang merupakan salah kota di Sumatra yang terkenal karena keindahan alamnya dan pempek palembang yang sudah terkenal di penjuru kota di Indonesia. Sama dengan tempat wisata bandung yang memiliki keindahan alam, Palembang juga memiliki banyak cerita bersejarah dan tempat-tempat yang menjadi saksi bisu atas penjajahan Belanda.

Berikut tempat wisata di Palembang yang wajib kamu kunjungi.

Tempat wisata di palembang

Pempek Candy

Jika berkunjung ke Palembang, hal pertama yang wajib kamu coba adalah pempek khas Palembang. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi untuk mencicipi makan khas Palembang adalah Pempek Candy yang merupakan wisata kuliner di Palembang dengan pempek Palembang yang enak.

Jembatan Ampera dan Sungai Musi

Destinasi wisata di palembang berikutnya adalah Jembatan Ampera yang memiliki panjang 1.177 meter dan lebar 22 meter dibangun sebagai amanat penderitaan rakyat di atas Sungai Musi. Jembatan Ampera yang dulunya bernama Jembatan Bung Karno memiliki keindahan yang indah dan terdapat beberapa tempat wisata di tepi Sungai Musi seperti Kampung Arab, Benteng Kuto Besak, Restoran Terapung, dan Pasar Sekanak yang merupakan pusat makanan khas dan souvenir. Jembatan Ampera dan Sungai Musi merupakan tempat wisata populer di Palembang karena selain keindahan pemandangannya, Sungai Musi juga merupakan sungai terpanjang di Sumatra.

Hutan Punti Kayu

Hutan Punti Kayu merupakan wisata alam di Palembang yang populer karena keindahan pepohonan hijau dan rimba yang ditawarkan di sepanjang hutan dengan luas 50 hektare. Sambil berjalan-jalan dan menghirup udara yang sejuk dan segar, kamu bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada di Hutan Punti Kayu yaitu melihat atraksi gajah, berkuda, melewati jembatan, perahu dan taman yang indah.

Bukit Siguntang

Tempat wisata di Palembang yang berikutnya adalah Bukit Siguntang. Bukit Siguntang masih dianggap sakral oleh masyarakat setempat sampai saat ini karena dipercaya sebagai tempat beribadah bagi umat Buddha dan juga terdapat arca berukuran besar. Para pengunjung yang berkunjung biasanya datang untuk berziarah ke makam-makam tokoh-tokoh penting di Palembang.

Masjid Cheng Ho

Nama Masjid Cheng Ho berasal dari panglima angkatan laut asal Tiongkok abad 15 bernama Cheng Ho yang secara tidak langsung memperkenalkan agama Islam di wilayah yang didatanginya. Masjid Cheng Ho merupakan tempat wisata unik di Palembang karena dibangun sedemikian rupa sehingga mirip dengan bangunan gaya khas Tionghoa dan hal ini menjadi bukti bahwa bangsa Tionghoa memiliki kaitan yang erat dengan agama Islam.

Kampung Kapitan

Kampung Kapitan merupakan tempat bersejarah karena warga Tionghoa yang pertama kali datang ke Palembang menetap di Kampung Kapitan saat Palembang masih dalam masa penjajahan Belanda. Saat ini Kampung Kapitan dijadikan sebagai destinasi wisata di Palembang yang memiliki seni dan budaya antara budaya Tionghoa dan budaya Palembang.