Ternyata Negara – negara Barat Mengekspor Sampah – Sampahnya ke Negara Asia

Taukah kamu bahwa negara – negara barat selama ini sangat rajin mengekspor sampah – sampah rumah tangganya ke negara lain khususnya Negara – Negara di Asia.

Selama ini negara yang paling intens menerima sampah – sampah dari negara tersebut untuk kemudian dipilah, diproses, dan kemudian diproduksi kembali menjadi barang jadi adalah negara China.

Selama ini Negara – Negara barat tersebut tidak terlalu pusing untuk memikirkan kemana pembuangan akhir sampah – sampah dari warga masyarakatnya.

Namun hal ini berubah ketika Negara China yang notabene adalah Negara paling banyak mengimpor sampah membuat aturan baru yang lebih keras dimana mereka sudah tidak ingin lagi menerima sampah impor dari Negara – Negara Barat.

Namun , alih – alih Negara China yang sudah tidak menerima lagi sampah import dari mereka. Mereka justru mencari Negara lain sebagai opsi pengganti untuk menerima ekspor sampah. Kini arah tujuan ekspor mereka adalah ke Negara – Negara Eropa Timur dan Negara – Negara Asia lainnya seperti misalnya Filiphina, Bangladesh, bahkan baru – baru ini ramai terdengar bahwa ratusan container sampah pun dikirim ke Tanjung Priok Jakarta.

Beberapa perselisihan pun sempat terjadi belakangan ini antara Negara Filiphina dengan Negara Kanada. Dimana Negara kanada mengekspor sampah – sampah dengan kualitas yang rendah.

Dengan begitu maka pemerintah Filiphina pun mengirimkan balik sampah – sampah tersebut kembali ke Negara asalnya.

Kini Negara – Negara yang sebelumnya sering mengekspor sampah utamanya adalah Negara – Negara barat.

Kini mereka pun mulai kebingungan, dan sudah membuat aturan untuk memperketat masyarakatnya untuk mengurangi penggunaan barang – barang yang mudah untuk jadi sampah atau dengan membuangnya di tempat sampah organik dan anorganik.

Sudah sejak 1980, Negara China adalah Negara terbesar yang menampung sampah dari banyak Negara. Di bawah kepemimpinan presiden Xi Jinping. Kini China sedang serius untuk memperbaiki kualitas udara, air, dan tanah mereka.

Selain mereka pun berenti untuk menerima sampah – sampah dari Negara – Negara barat, secara serius China pun menutup beberapa pabrik yang dianggap telah menyebabkan polusi dan juga pencemaran.

Nah itulah beberapa hal yang perlu kamu tau mengenai kemana aliran sampah dunia selama ini. Ayo, partisipasikan dirimu sebagai orang yang mengurangi penggunaan benda – benda yang mudah jadi sampah, agar lingkungan tanah, air, udara kita pun bisa terus sehat selamanya.